TIPS MENDAPAT NILAI BAGUS DI FK


Semua orang pasti ingin mendapatkan nilai yang bagus, apalagi di fakultas kedokteran yang katanya sangat susah untuk mendapatkan nilai bagus atau lulus di setiap blok. Saya punya tips agar kita bisa lulus di ujian tiap blok, yaa walaupun saya sendiri juga terkadang masih susah untuk menerapkannya hehe :D ini dia tipsnya:

1.      Pelajari topic yang akan dipelajari besok di rumah
Dengan begitu, ketika dosen menjelaskan maka kita akan lebih cepat mengerti atau lebih nyambung karena setidaknya kita telah mengetahui sedikit mengenai materi tersebut. Otomatis dengan begitu kita akan lebih bersemangat mendengarkan dosen menjelaskan.

2.      Catat hal hal yang kamu anggap penting dan yang belum kamu mengerti
Hal ini sangat perlu karena biasanya soal ujian yang dikeluarkan dosen banyak dari apa yang ia ucapkan. Dan dengan mencatat akan membuatmu lebih ingat. Kamu juga bisa langsung menanyakan hal yang belum kamu mengerti kepada dosen atau teman.



3.      Baca ulang slide dosen di rumah
Soal ujian juga biasanya tidak jauh jauh dari slide dosen. Kalau saya pribadi membaca slide dosen ketika mau ujian lebih efektif daripada membaca textbook kerena lebih ringkas hehe

4.      Hindari melakukan atau memikirkan hal hal yang tidak penting
Misalnya terlalu banyak main gadget, atau nongkrong dengan teman. Hal itu bisa kita lakukan ketika waktu libur atau setelah selesai ujian. Memikirkan hal hal yang tidak penting juga harus dihindari, misalnya galau. Fikirkan saja orantuamu yang bersusah payah untuk menguliahkanmu. Otomatis dengan begitu kamu akan lebih termotifasi dalam belajar

5.      Diskusi kelompok
Cara paling efektif balajar di fk adalah dengan berdiskusi kelompok. Makanya kamu perlu untuk memilih dalam berteman. Bertemanlah dengan orang yang bisa membawamu kearah yang lebih positif. Saya sendiri lebih mengerti ketika diajarkan teman daripada belajar sendiri atau membaca textbook langsung. Karena ada beberapa textbook yang sangat sulit dimengerti bahasanya. Dengan berdiskusi kelompok kita bisa saling berbagi ilmu dengan teman otomatis pengetahuan kita semakin banyak. Hal yang telah kita mengerti juga bisa kita share ke teman kita, dengan begitu kita akan semakin ingat dengan materi yang kita ajarkan tersebut.
  
6.      Membahas soal-soal tahun lalu
Mintalah soal soal ujian dari seniormu, karena soal ujian pasti tidak jauh dari soal soal yang lalu atau bahkan ada beberapa soal yang sama.

7.      Berdoa
Karena usaha tanpa doa hanyalah sia sia. Kita sebagai manusia sudah berusaha tetapi yang menentukan segalanya adalah Allah SWT.

Demikian tips beberapa tips mendapat nilai bagus dari saya, tapi yang terpenting dari semuanya adalah kita harus JUJUR atau tidak mencontek. Sebenarnya di FK sendiri sangat susah untuk mencontek karena pengawasannya sangat ketat. Dan nilai tinggi tidak ada artinya apabila kita mendapatkannya dengan mencontek, karena untuk menjadi dokter kita harus pintar dan mempunyai skill yang bagus.
Semoga tips dari saya bermanfaat dan kita semua bisa lulus di setiap blok ya sejawat. Aamiin. Terima kasih J

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.