BAGAIMANA KANKER BERMULA?


BAGAIMANA KANKER BERMULA? (Hal 237)

Kanker sering kali dipicu oleh karsinogen (seperti rokok dan virus tertentu). Namun, gen cacat yang diwariskna orang tua juga berperan.
            Zat penyebab kanker – karsinogen – merusak gen (potongan DNA) khusus, disebut onkogen, yang mengatur proses hidup seperti pembelahan dan pertumbuhan sel, pemulihan gen usak, dan kemampuan sel cacat menghancurkan dirinya sendiri. Sebagian besar gen rusak diperbaiki sebagai bagian dari metabolisme normal sel. Namun, beberapa sel perlahan berubah atau bermutasi karena paparan zat karsinogenik sehingga tidak dapat melakukan fungsinya. Kerusakan onkogen dapat menyebabkan sel ini membentuk versi baru zat kimia dalam sel. Ini bekerja seperti kunci molekul atau kunci yang “menjebak”sel agar berfungsi tidak normal; akhirnya sel menjadi kanker dan membelah untuk membentuk sebuah tumor.
1.      Kerusakan akibat karsinogen
Karsinogen terus-menerus memborbardir sel akhirnya memengaruhi gen pada kromosom. Biasanya kerusakan baru pada onkogen bersifat setempat dan segera diperbaiki.
2.      Kerusakan permanen
Kerusakan onkogen dan pemulihan tetap berlanjut, tetapi setelah beberapa lama atau dengan paparan karsinogen lebih tinggi dari normal, sebagian onkogen menjadi rusak permanen.
3.      Sel menjadi kanker

Akhirnya, sejumlah onkogen berubah permanen. Fungsi utama sel tidak dapat diperbaiki dan sel “berubah” menjadi kanker.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.