PEMERIKSAAN PENUNJANG KANKER




PEMERIKSAAN PENUNJANGKANKER
Pemeriksaan Penunjang yang digunakan untuk kanker secara umum adalah:
1.      Pemeriksaan Laboratorium
Hal ini dapat dilakukan untuk menunjang diagnosis tumor  padat, namun lebih penting lagi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakahterdapat penyulit pada kanker pasien dan juga baik untuk mengetahui persiapan terapiyang akan dilakukan, baik bedah maupun medik. Diantaranya: darah lengkap, urinlengkap, FAAL hati, Faal ginjal, gula darah, faal hemostatik, protein serum, alkalifsfatase, elektrolit serum, LDH, asam urat, serum imunoglobulin, dll.
2.      Pemeriksaan Patologi Anatomi
Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan morfologi tumor  baik secara makro maupun mikro. Bahan yang digunakan dapat diperoleh dari biopsi.Ada beberapa cara biopsi, diantaranya, biopsi insisi, eksisi, truncut, aspirasi, ataupunendoskop. Setelah bahan didapatkan, diproses melalui beberapa cara agar dapat terpotonghalus, diantaranya: sediaan beku, paraffine block, plastic coupe, dll, dan dilakukan pengecatan sesuai tujuan pemeriksaan.
3.      Imaging
Diperlukan untuk membantu menegakkan diagnosis. Banyak jenis imaging dariyang sederhana sampai dengan yang canggih, dan juga berguna untuk menentukan beberapa staging tumor.
4.      Penanda Tumor
berupa molekul protein (enzim, hormon, dll) yang dalam keadaannormal tidak ada, atau sedikit sekali diproduksi tubuh. PT dapat digunakan untuk skrining, menegakkan diagnosisi, prognosis, pemantauan hasil pengobatan dan deteksi kekambuhan.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.