MEROKOK DAN KANKER PARU

Hasil gambar untuk KANKER PARU

Asap tembakau merupakan campuran rumit lebih dari 3.000 zat berbeda, termasuk zat stimulan adiktif nikotin, benzen, amonia, hidrogen sianida, karbon monoksida, dan tar. Elemen tar yang terbakar dalam rokok diketahui sebagai penyebab kanker (karsinogenik). Risiko terserang kanker paru-paru meningkat seiring jumlah rokok yang diisap per hari, kandungan tar, lama merokok, dan kedalaman penghirupan oleh paru-paru. Penyebab berisiko lain adalah paparan berulang oleh asap rokok orang lain yang disebut merokok pasif.
1.      Lapisan saluran udara sehat
Sel silindris bersilia kecil melapisi saluran udara sehat (bronkus). Sel basal terus-menerus membelah untuk mengganti sel silindris yang rusak secara alami.
2.      Kerusakan awal
Perlahan-lahan, sel silindris yang rusak akibat merokok menjadi sel pipih, yang lama-lama kehilangan silia mereka. Sel goblet penghasil lendir mati.
3.      Kanker dimulai
Untuk mengganti sel rusak, sel basal mulai berlipat ganda dalam kecepatan tinggi. Beberapa sel basal baru ini berkembang menjadi sel kanker.
4.      Kanker meneyebar

Sel kanker menggantikan sel-sel sehat. Jika sel ini keluar dari membran dasar, mereka dapat masuk ke pembuluh darah dan beredar ke tempat lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.