PENYEBAB ASIDOSIS METABOLIK

Hasil gambar untuk asidosis metabolik

Asidosis metabolik adalah jenis gangguan asam-basa yang paling sering dijumpai. Berikut sebagian kausanya yang tersering:
1.      Diare berat
Selama pencernaan, getah pencernaan yang kaya HCO3- biasanya dieksresikan ke dalam saluran cerna dan kemudian diserap kembali ke dalam plasma ketika pencernaan selesai. Selama diare, HCO3-  ini hilang dari tubuh dan tidak tereabsorpsi. Karna HCO3- berkurang, HCO3- yang tersedia untuk mendapar H+ berkurang sehingga lebih banyak H+ bebas yang ada di cairan tubuh.
2.      Diabetes melitus
Kelainan metabolisme lemak akibat ketidakmampuan sel menggunakan glukosa karena kurangnya efek insulin menyebabkan pembentukan asam keto secara berlebihan. Penguraian asam-asam keto ini meningkatkan H+ plasma.
3.      Olahraga berat
Ketika otot mengandalkan glikolisis anaerob sewaktu olahraga berat, terjadi peningkatan produksi asam laktat yang meningkatkan H+ plasma.
4.      Asidosis uremik
Pada gagal ginjal berat (uremia), ginjal tidak dapat menyingkirkan bahkan H+ dalam jumlah normal yang dihasilkan dari asam-asam non-karbonat dari proses-proses metabolik sehingga H+ mulai menumpuk di cairan tubuh. Ginjal juga tidak dapat menahan HCO3- dalam jumlah memadai untuk menyangga beban asam yang normal.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.