PENYEMBUHAN TULANG



Walaupun terlihat kering, rapuh, bahkan seperti benda mati, tulang merupakan sebuah jaringan aktif dengan pasokan darah yang banyak kemampuan beregenerasi sendiri. Setelah tulang patah, darah akan membeku seperti jaringan tubuh lain. Jaringan ikat, dan pertumbuhan tulang baru akan menjembatani patahan dan pada akhirnya mengembalikan kekuatan tulang. Namun demikian, perawatan medis sering dibutuhkan untuk menjaga supaya proses pemulihan berjalan efektif dan bentuk tulang baru tidak salah. Jika tulang terdislokasi, tindakan untuk mengembalikan ke posisi normal – atau reduksi – dapat dilakukan di bawah pengaruh obat bius. Tulang juga akan dijaga supaya tidak bergerak agar ujung-ujung tulang dapat sembuh dengan baik.
Proses penyembuhan tulang
1.      Respon segera
Darah merembes dari pembuluh darah dan membeku. Sel darah putih berkumpul untuk membersihkan sel rusak dan kotoran.
2.      Setelah beberapa hari
Sel fibroblas membentuk jaringan ikat baru yang menyeberangi patahan. Bagian tubuh yang mengalami patah tulang dibuat tidak bisa bergerak, biasanya dengan gips atau balutan.
3.      Setelah 1-2 minggu
Sel pembangun tulang (osteoblas) berlipat ganda dan membentuk jaringan tulang baru. Awalnya berupa tulang spons, jaringan masuk ke dalam daerah patahan menjadi kalus.
4.      Setelah 2-3 bulan

Pembuluh darah berhubungan kembali menyeberangi patahan. Kalus mengubah bentuknya sementara jaringan tulang baru mengalami “pembentukan kembali” menjadi jaringan tulang padat yang padat.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.