DARAH

Hasil gambar untuk darah

Darah merupakan sekumpulan sel khusus yang terendam di dalam cairan berwarna yang disebut plasma. Darah membawa oksigen dan zat gizi ke sel tubuh, mengambil zat sisa, mengantar hormon, menyebar panas ke seluruh tubuh untuk mengatur suhu, dan berperan dalam melawan infeksi dan menyembuhkan cedera.
Apa Itu Darah?
Darah membentuk sekitar 1/12 berat tubuh orang dewasa, dengan volume sekitar 5 liter. Secara kasar, 50-55% darah berupa plasma, bagian berupa cairan tempat komponen darah tersebar. Plasma 90%nya terdiri atas air yang mengandung zat terlarut seperti glukosa (gula darah), hormon, enzim, dan juga zat sisa seperti urea dan asam laktat. Plasma juga mengandung protein seperti albumin, fibrinogen (penting untuk pembekuan darah), dan protein globul atau globulin. Alfa dan beta globulin membantu membawa lipid, yaitu zat berlemak seperti kolesterol. Gamma globulin adalah zat pelawan penyakit yang disebut antibodi. Sekitar 45-50% darah dibentuk oleh tiga jenis sel khusus. Sel darah merah atau eritrosit membawa oksigen; berbagai jenis sel darah putih, disebut leukosit, merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh; dan fragmen sel (platelet atau trombosit) terlibat dalam proses pembekuan darah.
Golongan Darah
Semua individu memiliki satu dari empat golongan datah, yang ditentukan oleh penanda pada sel darah merah yang disebut antigen (aglutinogen). Antigen dapat berupa A, B, keduanya (AB), dan bukan keduaanya (O), dan golongan darah diberi nama sesuai antigen tersebut. Plasma mengandung antibodi berbeda (isohemoglobin). Misalnya, seseorang dengan golongan darah A memiliki plasma dengan antobodi B. jika digabung dengan dengan darah bergolongan B (dengan antibodi A di plasmanya), antibodi A akan menggumpal (atau beraglutinasi) dengan antigen A. hal ini merupakan alasan kenapa golongan darah harus sama jika akan melakukan transfusi darah dari donor ke penderima.
1.      Golongan darah A (sel darah merah memiliki antigen A dengan antibodi B dalam plasmanya).
2.      Golongan darah B (sel darah merah memiliki antigen B dengan antibodi A dalam plasmanya).
3.      Golongan darah AB (sel darah merah memiliki antigen A dan B, plasma tidak mengandung antibodi A atau B).

4.      Golongan darah O (golongan darah ini tidak memiliki antigen A dan B, tapi plasma mengandung kedua antibodi A dan B).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.