PENYEBAB ALKALOSIS METABOLIK

Hasil gambar untuk alkalosis metabolik

Alkalosis metabolik (atau non-respiratorik) adalah penurunan H+ plasma akibat defisiensi relatif asam-asam non-karbonat. Gangguan asam-basa ini berkaitan dengan peningkatan HCO3- yang pada keadaan tak-terkompensasi, tidak disertai oleh perubahan CO2.
            Alkalosis metabolik timbul terutama karena hal-hal berikut:
1.      Muntah
Muntah menyebabkan pengeluaran abnormal H+ dari tubuh akibat hilangnya getah lambung yang asam.  Asam hidroklorida disekresikan ke dalam lumen lambung selama pencernaan. Selama sekresi HCl, bikarbonat ditambahkan ke plasma. HCO3- ini dinetralkan oleh H+ sewaktu sekresi lambung akhirnya diserap kembali ke dalam plasma sehingga dalam keadaan normal tidak terjadi penambahan neto HCO3- ke plasma dari sumber ini. Namun, jika asam ini keluar dari tubuh sewaktu muntah, tidak saja H+ plasma menurun tetapi juga tidak terjadi reabsorpsi H+ untuk menetralkan HCO3- ekstra yang ditambahkan ke plasma sewaktu sekresi HCl lambung. Karena itu, keluarnya HCl pada hakikatnya meningkatkan HCO3- plasma. Sebaliknya, pada muntah yang “lebih dalam”, HCO3- di getah pencernaan yang disekresikan ke dalam usus halus bagian atas mungkin keluar bersama muntahan sehingga yang terjadi adalah asidosis bukan alkalosis.
2.      Ingesti obat alkali
Dapat menyebabkan alkalosis, misalnya saat soda kue (NaHCO3, yang terurai menjadi Na+ dan HCO3- dalam larutan) digunakan sendiri sebagai terapi hiperasiditas lambung. Dengan menetralkan kelebihan asam lambung, HCO3- meredakan gejala iritasi lambung dan heartburn; tetapi jika HCO3- yang ditelan melebihi kebutuhan, kelebihan HCO3-akan diserap dari saluran cerna dan meningkatkan HCO3- plasma. Kelebihan HCO3- ini berikatan dengan sebagian H+ bebas yang normalnya ada di plasma dari sumber-sumber non-karbonat, menurunkan H+ bebas. Sebaliknya, produk alkali komersial untuk mengobati hiperasiditas lambung sama sekali tidak diserap dari saluran cerna sehingga tidak mengubah status asam-basa tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.